Kamis, 29 November 2012

Nasibmu Oh TKI


Kembali terjadi untuk ke sekian kali, hal yang menjadi sorotan hangat yakni seorang TKI yang mengalami perkosaan oleh tiga polisi diraja Malaysia. Tampaknya masalah-masalah yang terkait dengan perlakuan tidak baik terhadap TKI tak kunjung usai. Mulai dari penipuan, pembunuhan, proses hukuman mati, penyiksaan, perkosaan, dan masih banyak lagi berbagai permasalahan lainya. 

Sepertinya mengirim TKI ke Luar Negeri identik dengan mengirim masalah, sepertinya pemerintah harus mengkaji ulang mengenai pengiriman tenaga kerja keluar negeri. Memang butuh kerja keras untuk menangani persoalan yang terkait dengan TKI, Jika hanya mengandalkan kebijakan pemerintah saja, sepertinya tidaklah cukup.
Disini saya mencoba memberi sedikit tips bagi para TKI ataupun TKW yang akan bekerja di negeri orang antara lain:



·      Jangan pernah menjadi TKI kalau hanya modal nekat saja. Semuanya harus berbekal ilmu pengetahuan. Maksudnya kita harus mengenal negara tempat kita bekerja misalnya di Singapura, tentunya kita harus tahu adat dan kebiasaan mereka disana. Mungkin mereka tidak suka ketika kita seperti itu atau seperti ini.
·      Kemampuan berbahasa asing. Hmm … mungkin sedikit sekali para TKI mempunyai hal semacam ini tapi setidaknya kita harus ada kemampuan berbahasa asing minimal dasarnya sehingga tidak terjadi misunderstanding. Ini justru yang menyebabkan terjadinya tindakan kekerasan dari majikannya misal disuruh masak malah nyapu, gimana nggak marah mereka???
·      Belajar hubungan dalam menangani manusia. Ini penting untuk membuat hubungan hangat dengan majikan.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya bagi untuk para calon pekerja TKI. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar