Samsul Rizal
1A112099
3KA25
IDENTITAS
BUKU
Judul Buku :
Inspirasi sukses
30 pelaku bisnis UKM
Pengarang : Herry Sinamarata
Penerbit : Kompas Gramedia
Tahun Terbit
: 2012
Tempat
Terbit : Jakarta
Tebal : xviii + 176
Halaman
POKOK-POKOK
ISI BUKU :
Lewat
Chocodot, Kiki Gumelar ingin mengajak masyarakat mengonsumsi dodol dengan cara
yang berbeda, sebab dodolnya dibalut dengan coklat, dengan cara ini pemilik
usaha Coklat Dodol Garut ini ingin mengangkat kembali kejayaan dodol dengan
cara yang kreatif. Dengan menerapkan strategi Blue Ocean, beragam produk olahan
pangan yang unik, kreatif dalam mengemas produk, semangat pantang menyerah dan
ingin membangun kota kelahirannya. Mengantarkan nama pengusaha muda ini hingga
ke kancah nasional dan memperoleh banyak penghargaan dan sempat menjadi Duta
Boga Nasional pada tahun 2000. Pada awalnya Kiki Gumelar bekerja sebagai orang
kantoran dan pernah bermimpi ingin memiliki usaha sendiri ketika usianya 30
tahun. Namun dia baru berani merealisasikan mimpinya dan keluar dari zona
nyaman setelah tujuh tahun bekerja kantoran. Dia bertekad untuk terus berkarya
dengan membuat produk baru yang “out of the box” dengan mengkombinasi
cita rasa dodol dengan coklat, coklat dengan rempah-rempah, ikan, abon daging
dan kopi. Selain coklat dodol, produk lain yang dibuatnya yaitu brodol
(brownies isi dodol), Gagel (Garut geulis cokelat) coklat isi cream buah dengan
kemasan besek tradisional, dan Van Java Coklat (coklat dengan rasa
rempah-rempah khas Parahyangan).
Kisah
Kiki Gumelar dengan Chocodotnya merupakansalah satu cuplikan kisah yang ada di
dalam buku inspirasi sukses para pelaku bisnis UKM ini berisi tulisan mengenai
30 sosok pengusaha kecil dan menengah (UKM). Kumpulan kisah nyata ini pernah
dimuat dalam rubrik Inspirasi Warta Kota edisi Minggu sejak 2008. Para
pengusaha UKM yang ditampilkan sengaja dipilih dari orang-orang biasa, dengan
bermodalkan keuletan, semangat, dan kreativitas telah membuktikan diri mampu
membangun usaha dari nol. Kisah-kisah sukses mereka diharapkan bisa menularkan
semangat entrepreneurship kepada siapa saja yang berminat membangun bisnis atau
mengembangkan usaha yang telah ada. Buku ini ditulis oleh seorang wartawan dan
manajer redaksi di surat kabar Warta Kota yang dipercaya untuk menulis
kisah-kisah sukses pengusaha kecil dan menengah untuk rubrik Inspirasi setiap
hari Minggu periode terbitan dari tahun 2008 – 2011.Berdasarkan pengalamannya
sebagai wartawan ekonomi, membantu penulis memahami dinamika dan seluk beluk
usaha kecil menengah di negeri ini.
Berikut
kisah sukses pebisnis UKM yang ada di buku ini yaitu “Ayu Kristiani: dari guru
TK ke bisnis cokelat”, “Lianna Gunawan Lianna: Bisnis sepatu yang dibesarkan
FB”, “Adji W. Wardojo: Keseimbangan bisnis-keluarga”, “H Surachman: Usaha
kerupuk modal dengkul”, “Sunhaji: Geliat bisnis di pinggir jalan”, “Dhanang
Sasongko: Mainan edukatif usaha berkah”, “Tri Kismiati: Bisnis cemilan andalan
keluarga”, “Musa Jahja: Berbisnis kue sampai Singapura”, “Irwanto Jo: Raja
bisnis ‘Fashion Online’”, “H. Mardiastuty: Bisnis bubur bayi saat pensiun”,
“Syarifah Hairiyah: Dodol Betawi pembawa berkah, “Hj. Sulati: Usaha jamu
Benteng Keluarga”, “Salman Azis Alsyafdi: Bankir No Wirausaha Yes!”, “Tjong
Kwang Ie: Spesialis Pembuat Sepatu Pesta”, “Endang Rachminingsih: Bisnis Sulam,
deposito akhirat”, “Afrizal: Sukses bisnis setelah di PHK”, “Slamet Riyadhi:
Bisnis limbah jadi tambang emas”, “Suharto Burhan: drop out SD jadi raja
brankas”, “Hj. Emmy Subagyo: kreator batik istana Bogor”, “Hj. Erlismiati:
usaha rumahan rezeki keluarga”, “Kiki Gumelar: Cokelat dodol buah kreativitas”,
“Darul Mahbar: lepas jabatan Dirut, bisnis jahe”, “M. Agung Budi Priyambodo:
Kreativitas dan keuletan menjadi kunci bisnis online”, “Johny Rusly: berbisnis
dengan kejujuran”, “A. Pramono: perjuangan “office boy” jadi miliarder”,
“Junaedi MJ: menularkan semangat wirausaha”, “Wulan Ayodya: latih korban PHK
jadi pengusaha”, “Mee mee: mempopulerkan jajanan pasar”, “Badroni Yuzirman:
kendalikan bisnis dari tempat tidur”, “Andrew Darwis: komunitas bisnis utama
kaskus”.
KELEBIHAN
Kelebihan
buku ini, yaitu menggunakan gaya bahasa jurnalistik yang ringan, mudah
dimengerti pembacanya namun tetap berisi. Tak hanya mengandung kiat-kiat
membangun bisnis, tapi juga soal bagaimana seharusnya seorang wiraswasta
menjalani hidup dan menentukan pilihan hidup. Menggunakan kertas yang bagus, lay
out yang menarik, dan berwarna sehingga menarik minat pembaca.
KELEMAHAN
Kekurangan
buku ini, yaitu ada beberapa profil pengusaha UKM tersebut yang sudah pernah
diulas di buku yang lain dengan tema yang sama (entrepreneurship. Selain
itu tidak semua pengusaha UKM tersebut diinformasikan berapa omset penjualan
maupun keuntungan dari usahanya tersebut. Bisa saja ada pembaca yang tertarik
untuk memulai usaha apabila mengetahui keuntungan yang akan didapat.
KESIMPULAN
Buku
ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai usaha sekaligus juga jendela
inspirasi bagi Anda yang sudah dan akan menekuni bidang ini (wirausaha) mulai
dari awal. Banyak kisah inspiratif dari para pegusaha mikro yang bergelut
menghadapi ketidakpastian dan ketidakterdugaan akan Anda temui dalam buku ini.
Untuk memulai menjadi pengusaha semuanya selalu dimulai dari cara berpikir, yaitu
berpikir terbuka dan mau berubah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar