Kamis, 11 Juni 2015

Tugas 3 Bahasa Indonesia 2 : Resensi Buku




Samsul Rizal
1A112099
3KA25


IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Inspirasi sukses 30 pelaku bisnis UKM
Pengarang : Herry Sinamarata
Penerbit : Kompas Gramedia
Tahun Terbit : 2012
Tempat Terbit : Jakarta
Tebal : xviii + 176 Halaman

POKOK-POKOK ISI BUKU :
Lewat Chocodot, Kiki Gumelar ingin mengajak masyarakat mengonsumsi dodol dengan cara yang berbeda, sebab dodolnya dibalut dengan coklat, dengan cara ini pemilik usaha Coklat Dodol Garut ini ingin mengangkat kembali kejayaan dodol dengan cara yang kreatif. Dengan menerapkan strategi Blue Ocean, beragam produk olahan pangan yang unik, kreatif dalam mengemas produk, semangat pantang menyerah dan ingin membangun kota kelahirannya. Mengantarkan nama pengusaha muda ini hingga ke kancah nasional dan memperoleh banyak penghargaan dan sempat menjadi Duta Boga Nasional pada tahun 2000. Pada awalnya Kiki Gumelar bekerja sebagai orang kantoran dan pernah bermimpi ingin memiliki usaha sendiri ketika usianya 30 tahun. Namun dia baru berani merealisasikan mimpinya dan keluar dari zona nyaman setelah tujuh tahun bekerja kantoran. Dia bertekad untuk terus berkarya dengan membuat produk baru yang “out of the box” dengan mengkombinasi cita rasa dodol dengan coklat, coklat dengan rempah-rempah, ikan, abon daging dan kopi. Selain coklat dodol, produk lain yang dibuatnya yaitu brodol (brownies isi dodol), Gagel (Garut geulis cokelat) coklat isi cream buah dengan kemasan besek tradisional, dan Van Java Coklat (coklat dengan rasa rempah-rempah khas Parahyangan).

Kisah Kiki Gumelar dengan Chocodotnya merupakansalah satu cuplikan kisah yang ada di dalam buku inspirasi sukses para pelaku bisnis UKM ini berisi tulisan mengenai 30 sosok pengusaha kecil dan menengah (UKM). Kumpulan kisah nyata ini pernah dimuat dalam rubrik Inspirasi Warta Kota edisi Minggu sejak 2008. Para pengusaha UKM yang ditampilkan sengaja dipilih dari orang-orang biasa, dengan bermodalkan keuletan, semangat, dan kreativitas telah membuktikan diri mampu membangun usaha dari nol. Kisah-kisah sukses mereka diharapkan bisa menularkan semangat entrepreneurship kepada siapa saja yang berminat membangun bisnis atau mengembangkan usaha yang telah ada. Buku ini ditulis oleh seorang wartawan dan manajer redaksi di surat kabar Warta Kota yang dipercaya untuk menulis kisah-kisah sukses pengusaha kecil dan menengah untuk rubrik Inspirasi setiap hari Minggu periode terbitan dari tahun 2008 – 2011.Berdasarkan pengalamannya sebagai wartawan ekonomi, membantu penulis memahami dinamika dan seluk beluk usaha kecil menengah di negeri ini.

Berikut kisah sukses pebisnis UKM yang ada di buku ini yaitu “Ayu Kristiani: dari guru TK ke bisnis cokelat”, “Lianna Gunawan Lianna: Bisnis sepatu yang dibesarkan FB”, “Adji W. Wardojo: Keseimbangan bisnis-keluarga”, “H Surachman: Usaha kerupuk modal dengkul”, “Sunhaji: Geliat bisnis di pinggir jalan”, “Dhanang Sasongko: Mainan edukatif usaha berkah”, “Tri Kismiati: Bisnis cemilan andalan keluarga”, “Musa Jahja: Berbisnis kue sampai Singapura”, “Irwanto Jo: Raja bisnis ‘Fashion Online’”, “H. Mardiastuty: Bisnis bubur bayi saat pensiun”, “Syarifah Hairiyah: Dodol Betawi pembawa berkah, “Hj. Sulati: Usaha jamu Benteng Keluarga”, “Salman Azis Alsyafdi: Bankir No Wirausaha Yes!”, “Tjong Kwang Ie: Spesialis Pembuat Sepatu Pesta”, “Endang Rachminingsih: Bisnis Sulam, deposito akhirat”, “Afrizal: Sukses bisnis setelah di PHK”, “Slamet Riyadhi: Bisnis limbah jadi tambang emas”, “Suharto Burhan: drop out SD jadi raja brankas”, “Hj. Emmy Subagyo: kreator batik istana Bogor”, “Hj. Erlismiati: usaha rumahan rezeki keluarga”, “Kiki Gumelar: Cokelat dodol buah kreativitas”, “Darul Mahbar: lepas jabatan Dirut, bisnis jahe”, “M. Agung Budi Priyambodo: Kreativitas dan keuletan menjadi kunci bisnis online”, “Johny Rusly: berbisnis dengan kejujuran”, “A. Pramono: perjuangan “office boy” jadi miliarder”, “Junaedi MJ: menularkan semangat wirausaha”, “Wulan Ayodya: latih korban PHK jadi pengusaha”, “Mee mee: mempopulerkan jajanan pasar”, “Badroni Yuzirman: kendalikan bisnis dari tempat tidur”, “Andrew Darwis: komunitas bisnis utama kaskus”.

KELEBIHAN
Kelebihan buku ini, yaitu menggunakan gaya bahasa jurnalistik yang ringan, mudah dimengerti pembacanya namun tetap berisi. Tak hanya mengandung kiat-kiat membangun bisnis, tapi juga soal bagaimana seharusnya seorang wiraswasta menjalani hidup dan menentukan pilihan hidup. Menggunakan kertas yang bagus, lay out yang menarik, dan berwarna sehingga menarik minat pembaca.

KELEMAHAN
Kekurangan buku ini, yaitu ada beberapa profil pengusaha UKM tersebut yang sudah pernah diulas di buku yang lain dengan tema yang sama (entrepreneurship. Selain itu tidak semua pengusaha UKM tersebut diinformasikan berapa omset penjualan maupun keuntungan dari usahanya tersebut. Bisa saja ada pembaca yang tertarik untuk memulai usaha apabila mengetahui keuntungan yang akan didapat.

KESIMPULAN
Buku ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai usaha sekaligus juga jendela inspirasi bagi Anda yang sudah dan akan menekuni bidang ini (wirausaha) mulai dari awal. Banyak kisah inspiratif dari para pegusaha mikro yang bergelut menghadapi ketidakpastian dan ketidakterdugaan akan Anda temui dalam buku ini. Untuk memulai menjadi pengusaha semuanya selalu dimulai dari cara berpikir, yaitu berpikir terbuka dan mau berubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar